Rabu, 05 Juni 2013

Belalang Goreng, Oleh-Oleh Khas Gunung Kidul

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Jogja, tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Gunung Kidul. Selain memiliki budaya yang beragam, kawasan ini memiliki oleh-oleh khas yang unik dan berbeda. Salah satunya adalah belalang goreng. Saat Anda sedang mengitari kawasan ini, Anda akan menjumpai banyaknya pedagang cemilan ini di sepanjang Gunung Kidul.

Cemilan yang satu menggunakan bahan dasar belalang yang banyak ditemukan di hutan, yakni belalang kayu. Tidak jauh berbeda dengan kawasan lainnya, Gunung Kidul juga memiliki objek wisata yang beragam dengan panorama alam yang mempesona, seperti Pantai Krakal, gua pindul, Pantai Baron dan Pantai Kukup.

Kawasan ini sudah mampu menarik perhatian wisatawan lokal maupunasing, khususnya dengan wisata kulinernya yang unik dan jarang ditemukan di berbagai daerah lainnya. Bahkan banyak dari mereka yang mengenal kawasan dengan beragam kulinernya yang ekstrim dan jarang ditemukan di daerah lainnya.

Oleh-oleh khas Gunung Kidul ini bisa Anda dapatkan di kawasan Wonosari. Di kawasan tersebut, terdapat banyak warung atau kios yang menjual cemilan tersebut. Bagi Anda yang ingin mengolahnya sendiri, mereka juga banyak yang menjual belalang dalam bentuk hidup.

Bila Anda yang baru mendengar nama makanan ini, mungkin Anda akan penasaran dengan cita rasa dari cemilan ini. Belalang goreng memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang sangat renyah. Makanan ini merupakan cemilan khas Gunung Kidul karena memang hanya diproduksi di daerah ini. Bahkan, kemungkinan besar makanan ini sangat sulit ditemukan disaerah lainnya.

Bagi Anda yang masih penasaran dengan jenis makanan yang satu ini, Anda bisa langsung berkunjung ke kawasan ini dan mencicip rasanya dengan harga yang terjangkau, yakni Rp 12.000 untuk pembelian satu kemasan belalang goreng yang kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar